Provinsialat FIC Jl Sultan Agung 133 Semarang 50234 Indonesia Tlp (024) 8312547 Fax(024)8504130 e-mail:ficindo@indosat.net.id
Rabu, 03 September 2014  - 2 User Online  




Promosi Panggilan FIC
Majalah Komunikasi FIC
Blog milik Der Wahyu
Blog milik Der Wahyu
YPL Jakarta
Brother FIC
Yayasan Pangudi Luhur Pusat
Bruder Muda FIC


26.05.2004 08:25:00 36759x dibaca
DETEKSI DINI TERHADAP ANAK-ANAK BERBAKAT
Oleh Admin BruderFIC

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan antara lain bahwa "warga negara yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus" (Pasal 5, ayat 4). Di samping itu juga dikatakan bahwa "setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya" (pasal 12, ayat 1b). Hal ini pasti merupakan berita yan gmenggembirakan bagi warga negara yang memiliki bakat khusus dan tingkat kecerdasan yang istimewa untuk mendapat pelayanan pendidikan sebaik-baiknya.

Banyak referensi menyebutkan bahwa di dunia ini sekitar 10 – 15% anak berbakat dalam pengertian memiliki kecerdasan atau kelebihan yang luar biasa jika dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Kelebihan-kelebihan mereka bisa nampak dalam salah satu atau lebih tanda-tanda berikut:

  • Kemampuan inteligensi umum yang sangat tinggi, biasanya ditunjukkan dengan perolehan tes inteligensi yang sangat tinggi, misal IQ diatas 120.
  • Bakat istimewa dalam bidang tertentu, misalnya bidan gbahasa, matematika, seni, dan lain-lain. Hal ini biasanya ditunjukkan dengan prestasi istimewa dalam bidang-bidang tersebut.
  • Kreativitas yang tinggi dalam berpikir, yaitu kemampuan untuk menemukan ide-ide baru.
  • Kemampuan memimpin yan gmenonjol, yaitu kemampuan untuk mengarahkan dan mempengaruhi orang lain untuk bertindak sesuai dengan harapan kelompok.
  • Prestasi-prestasi istimewa dalam bidang seni atau bidang lain, misalnya seni musik, drama, tari, lukis, dan lain-lain.


Pada zaman modern ini orang tua semakin sadar bahwa pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang tidak bisa ditawar-tawar. Oleh sebab itu tidak mengherankan pula bahwa semakin banyak orang tua yang merasa perlu cepat-cepat memasukkan anaknya ke sekolah sejak usia dini. Mereka sangat berharap agar anak-anak mereka "cepat menjadi pandai." Sementara itu banyak orang tua yang menjadi panik dan was-was jika melihat adanya gejala-gejala atau perilaku-perilaku anaknya yang berbeda dari anak seusianya. Misalnya saja ada anak berumur tiga tahun sudah dapat membaca lancar seperti layaknya anak usia tujuh tahun; atau ada anak yang baru berumur lima tahun tetapi cara berpikirnya seperti orang dewasa, dan lain-lain. Dapat terjadi bahwa gejala-gejala dan "perilaku aneh" dari anak itu merupakan tanda bahwa anak memiliki kemampuan istimewa. Maka dari itu kiranya perlu para guru dan orang tua bisa mendeteksi sejak dini tanda-tanda adanya kemampuan istimewa pada anak agar anak-anak yang memiliki bakat dan kemampuan isitimewa seperti itu dapat diberi pelayanan pendidikan yang memadai.


Tanda-tanda Umum Anak Berbakat
Sejak usia dini sudah dapat dilihat adanya kemungkinan anak memiliki bakat yang istimewa. Sebagai contoh ada anak yang baru berumur dua tahun tetapi lebih suka memilih alat-alat mainan untuk anak berumur 6-7 tahun; atau anak usia tiga tahun tetapi sudah mampu membaca buku-buku yang diperuntukkan bagi anak usia 7-8 tahun. Mereka akan sangat senang jika mendapat pelayanan seperti yang mereka harapkan.

Anak yang memiliki bakat istimewa sering kali memiliki tahap perkembangan yang tidak serentak. Ia dapat hidup dalam berbagai usia perkembangan, misalnya: anak berusia tiga tahun, kalau sedang bermain seperti anak seusianya, tetapi kalau membaca seperti anak berusia 10 tahun, kalau mengerjakan matematika seperti anak usia 12 tahun, dan kalau berbicara seperti anak berusia lima tahun. Yang perlu dipahami adalah bahwa anak berbakat umumnya tidak hanya belajar lebih cepat, tetapi juga sering menggunakan cara yang berbeda dari teman-teman seusianya. Hal ini tidak jarang membuat guru di sekolah mengalamai kesulitan, bahkan sering merasa terganggu dengan anak-anak seperti itu. Di samping itu anak berbakat istimewa biasanya memiliki kemampuan menerima informasi dalam jumlah yang besar sekaligus. Jika ia hanya mendapat sedikit informasi maka ia akan cepat menjadi "kehausan" akan informasi.

Di kelas-kelas Taman Kanak-Kanak atau Sekolah Dasar anak-anak berbakat sering tidak menunjukkan prestasi yang menonjol. Sebaliknya justru menunjukkan perilaku yang kurang menyenangkan, misalnya: tulsiannya tidak teratur, mudah bosan dengan cara guru mengajar, terlalu cepat menyelesaikan tugas tetapi kurang teliti, dan sebagainya. Yang menjadi minat dan perhatiannya kadang-kadang justru hal-hal yan gtidak diajarkan di kelas. Tulisan anak berbakat sering kurang teratur karena ada perbedaan perkembangan antara perkembangan kognitif (pemahaman, pikiran) dan perkembangan motorik, dalam hal ini gerakan tangan dan jari untuk menulis. Perkembangan pikirannya jauh ebih cepat daripada perkembangan motoriknya. Demikian juga seringkali ada perbedaan antara perkembangan kognitif dan perkembangan bahasanya, sehingga dia menjadi berbicara agak gagap karena pikirannya lebih cepat daripada alat-alat bicara di mulutnya.

Pelayanan bagi Anak Berbakat
Mengingat bahwa anak berbakat memiliki kemampuan dan minat yang amat berbeda dari anak-anak sebayanya, maka agak sulit jika anak berbakat dimasukkan pada sekolah tradisional, bercampur dengan anak-anak lainnya. Di kelas-kelas seperti itu akan terjadi dua kerugian, yaitu: (1) anak berbakat akan frustrasi karena tidak mendapat pelayanan yang dibutuhkan, dan (2) guru dan teman-teman kelasnya akan bisa sangat terganggu oleh perilaku anak berbakat tadi.

Beberapa kemungkinan pelayanan anak berbakat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1) Menyelenggarakan program akselerasi khusus untuk anak-anak berbakat. Program akselerasi dapat dilakukan dengan cara "lompat kelas", artinya anak dari Taman Kanak-Kanak misalnya tidak harus melalui kelas I Sekolah Dasar, tetapi misalnya langsung ke kelas II, atau bahkan ke kelas III Sekolah Dasar. Demikian juga dari kelas III Sekolah Dasar bisa saja langsung ke kelas V jika memang anaknya sudah matang untuk menempuhnya. Jadi program akselerasi dapat dilakukan untuk: (1) seluruh mata pelajaran, atau disebut akselerasi kelas, ataupun (2) akselerasi untuk beberapa mata pelajaran saja. Dalam program akselerasi untuk seluruh mata pelajaran berarti anak tidak perlu menempuh kelas secara berturutan, tetapi dapat melompati kelas tertentu, misalnya anak kelas I Sekolah Dasar langsung naik ke kelas III. Dapat juga program akselerasi hanya diberlakukan untuk mata pelajaran yang luar biasa saja. Misalnya saja anak kelas I Sekolah Dasar yang berbakat istimewa dalam bidang matematika, maka ia diperkenankan menempuh pelajaran matematika di kelas III, tetapi pelajaran lain tetap di kelas I. Demikian juga kalau ada anak kelas II Sekolah Dasar yang sangat maju dalam bidang bahasa Inggris, ia boleh mengikuti pelajaran bahasa Inggris di kelas V atau VI.

2) Home-schooling (pendidikan non formal di luar sekolah). Jika sekolah keberatan dengan pelayanan anak berbakat menggunakan model akselerasi kelas atau akselerasi mata pelajaran, maka cara lain yang dapat ditempuh adalah memberikan pendidikan tambahan di rumah/di luar sekolah, yang sering disebut home-schooling. Dalam home-schooling orang tua atau tenaga ahli yang ditunjuk bisa membuat program khusus yang sesuai dengan bakat istimewa anak yang bersangkutan. Pada suatu ketika jika anak sudah siap kembali ke sekolah, maka ia bisa saja dikembalikan ke sekolah pada kelas tertentu yang cocok dengan tingkat perkembangannya.

3) Menyelenggarakan kelas-kelas tradisional dengan pendekatan individual. Dalam model ini biasanya jumlah anak per kelas harus sangat terbatas sehingga perhatian guru terhadap perbedaan individual masih bisa cukup memadai, misalnya maksimum 20 anak. Masing-masing anak didorong untuk belajar menurut ritmenya masing-masing. Anak yang sudah sangat maju diberi tugas dan materi yang lebih banyak dan lebih mendalam daripada anak lainnya; sebaliknya anak yang agak lamban diberi materi dan tugas yang sesuai dengan tingkat perkembangannya. Demikian pula guru harus siap dengan berbagai bahan yang mungkin akan dipilih oleh anak untuk dipelajari. Guru dalam hal ini menjadi sangat sibuk dengan memberikan perhatian individual kepada anak yang berbeda-beda tingkat perkembangan dan ritme belajarnya.

4) Membangun kelas khusus untuk anak berbakat. Dalam hal ini anak-anak yang memiliki bakat/kemampuan yang kurang lebih sama dikumpulkan dan diberi pendidikan khusus yang berbeda dari kelas-kelas tradisional bagi anak-anak seusianya. Kelas seperti ini pun harus merupakan kelas kecil di mana pendekatan individual lebih diutamakan daripada pendekatan klasikal. Kelas khusus anak berbakat harus memiliki kurikulum khusus yang dirancang tersendiri sesuai dengan kebutuhan anak-anak berbakat. Sistem evaluasi dan pembelajarannyapun harus dibuat yang sesuai dengan kebutuhan mereka.


Pergaulan Anak Berbakat
Anak berbakat seringkali lebih suka bergaul dengan anak-anak yang lebih tua dari segi usia, khususnya mereka yang memiliki keunggulan dalam bidang yang diminati. Misalnya saja ada anak kelas II Sekolah Dasar yang sangat suka bermain catur dengan orang-orang dewasa, karena jika ia bermain dengan teman sebayanya rasanya kurang berimbang. Dalam hal ini para orang tua dan guru harus memakluminya dan membiarkannya sejauh itu tidak merugikan perkembangan yang lain.

Di dalam keluarga pun oran gtua hendaknya mencarikan teman yang cocok bagi anak-anak berbakat sehingga ia tidak merasa kesepian dalam hidupnya. Jika ia tidak mendapat teman yang cocok, maka tidak jarang orang tua dan keluarga, menjadi teman pergaulan mereka. Umumnya anak berbakat lebih suka bertanya jawab hal-hal yang mendalam daripada hal-hal yang kecil dan remeh. Kesanggupan orang tua dan keluarga untuk bergaul dengan anak berbakat akan sangat membantu perkembangan dirinya.




50 KOMENTAR
16.05.2007 09:10:55
Salam kasih
Saya setuju, kalau kita perlu juga memperhatikan anak yang punya kemampuan istimewa. tapi tolong buat orang tua perlu mengerti betul kemampuan anaknya, jangan sampai membuat si anak malah depresi. saya tertarik dengan home schooling, tapi saya banyak belum tahu.
Saya mau tanya, apakah ada contoh berhasil dari "lulusan" home schholing? baik di dalam maupun di luar indonesia? apa ada bahan untuk home schooling? klo ada, maka dapatnya dimana? And how to implement it?
Terima kasih sebelumnya
Salam

ERICK  
15.06.2007 05:34:27
Untuk Erick,

Brian D. Ray Phd. menulis tentang Worldwide Guide to Homeschooling. Bisa anda cari di Amazon.com. Yang berhasil sangat banyak. Test di USA membuktikan bahwa hasil didikan Home school mencapai rata-rata hasil test 87%, dibanding sekolah umum 50%. Untuk pemula silahkan membaca buku \"Homeschooling Untuk Anak, Mengapa Tidak?\" terbitan Kanisius dan \"Homeschooling untuk Keluarga\" tulisan Kak Seto terbitan Mizan.

LOY  
15.06.2007 05:39:58
Bagi Admin Bruder,

Saya mengusulkan agar anda membaca "Helping Gifted Children Soar" tulisan Carol A. Strip Phd. untuk mengembangkan tulisan anda mengenai anak berbakat.
Sedangkan pengertian home school adalah mendidik anak sepenuhnya di rumah tanpa mengirim anak ke institusi sekolah massal, bukan sekedar tambahan pelajaran.
Memiliki anak berbakat adalah anugerah Tuhan sekaligus seperti mengendarai roller coaster. Sebagai orang tua, kita tidak pernah dapat memprediksi kemungkinan respon anak terhadap hal yang diajarkan dan dialami.
Saya menikmati momen saya mengajar anak-anak berbakat yang Tuhan anugerahkan kepada kami di dalam home school. Anak dapat berkembang seturut minatnya, dalam pengawasan penuh orang tua.
Semoga informasi ini berguna bagi anda.

LOY  
15.08.2007 22:40:01
http://Saya malah berpikir sebaliknya,adakah metode pengajaran buat anak yang lambat dalam memahami Matematik dan IPA ,khususnya anak kelas 1&2 SD.menurut pengamatan hanya kira-kira 30% anak-anak SD yang paham (nilai 6-7 ini saya anggap 50% paham) siapa punya ide?
SURYO NOSANTORO  http://bruderfic.co.id
20.08.2007 23:31:44
depdiknas indonesia tanggal 3 mei 2007 mensponsori seminar mengenai isu anak indigo.Klasifikasi yang diberikan untuk pendidikan anak gifted menggunakan kode J/K/L sedangkan anak indigo adalah O, apakah bruder mnegetahui hal ini?karena saya juga sedang mencari
TUMBUR SILALAHI  
20.10.2007 14:15:25
Bisa tidak anak indigo yang mempunyai kecerdasan luar biasa ataupun bakat lainnya mendapatkan pendidikan khusus. Saya ingin mengembangkan kemampuan saya tapi saya tidak tahu harus ke mana dan harus bagaimana? Tolong saya dong....
AHMAD SUKIRNO  
18.11.2007 07:48:40
saya mau tanya,biasanya apa saja sih yang dibutuhkan anak berbakat untuk menunjang kecerdasannya?terima kasih
EMA  
05.12.2007 23:05:09
Anak saya sekarang umurnya 6 th 3 bulan sekarang sudah duduk di kelas 2 SD. Saya beruntung ada sekolah SD yg mau menerima, kalau tidak kasihan...karena waktu TK pun dua sudah tidak mau memperhatikan guru di kelas..dia jadi main saja dikelas dan gurunya compalin pada saya.
Sekarangpun di SD pun sering di tempatkan di kursi belakang karena dianggap mudah mengerti pelajaran yg diajarkan guru...jadi teman-temannya yg sulit mengerti pelajaran di beri tempat di depan...anak saya jadi terabaikan.. saya sungguh merasakan pendidikan tradisional begini tidak bisa mengembangkan anak pada potensinya sendiri...

ANI  
07.02.2008 20:54:37
saya mempunyai se orang anak dengan indikasi seperti anak indigo, atw gifted..., saya tidak tau bagaimana cara menangani nya... plzz help
FAYHA  
11.06.2008 02:22:05
anak berbakat masih belum familier di masyarakat kita senhingga ada beberapa kasus tidak di tangani dgn baik akibatnya mengucilkan diri, dari lingkungan karena tidak ada yg dapat memahaminya, sehingga dianggap anak bodoh yg tidak dapat mengikuti sekolah umum/pelajaran2 sekolah. salam Ptrie dari BIBINGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS D PEMATANGSIANTAR jl Merdeka no 246 m sumut
PTRIE  http://yahoo.co.id
25.07.2008 08:10:14
Saya termasuk anak berbakat yg kurang beruntung(Saya jg merasa co2k dg karakter indigo) krn slm 14 thn(TK-SMA)di sekolah umum sy merasa g co2k hingga akhirnya kls 3 sma ini sy memutuskan berhenti dn bljr sndr dn s4 terserang depresi berat krn smua itu. Sy jg terkucilkn di msyrkt krn sy merasa berbeda dn asing.
Harapan sy, smg pemerintah lebih peduli lagi dg dunia anak2 yg smkn berkembang pesat ditandai dg lahirnya byk anak yg berbakat bhkn ber-multi bakat.

Salam Damai

RIN  http://yahoo.com
08.10.2008 01:47:34
saya ingin tahu lebih jauh mengenai memperlakukan anak berbakat...pls bantu saya, dimana saya bisa mendapatkan informasi ini.

ANNA  
29.10.2008 17:20:05
ada yang punya daftar alamat sekolah untuk anak berbakat?terima kasih
KESEHATAN ANAK  http://www.kesehatan-anak.com
03.11.2008 00:52:24
assalamualaikum wr.wb.
sungguh sulit untuk memahami anak berbakat
guru sering mengalami kesulitan menangani anak berbakat
berarti untuk menjadi guru bagi anak berbakat haruz terlebih dahulu menjadi anak yang berbakat pula????
mohon penjelasannya
Thx
Wassalamualaikum Wr.Wb.

ELNI  
16.11.2008 07:24:23
bodoh,penyendiri,merasa berbeda dng orang lain VS indigo
ONE  
18.11.2008 07:37:22
anak berbakat memang spesial akan tetapi jika terkelola dan terakomodasi dengan baik maka akan menjadi anak yang hebat. tinggal bagaimana memandang setiap masalah yang ada. kita harus lebih jeli melihat kondisi anak-anak tersebut karena masalah setiap anak akan selalu berbeda.
LIA  
26.11.2008 20:43:36
bagaimana membedakan anak berbakat dgn anak yg mengalami gangguan tumbuh kembang? (spektrum autis)




DINA MARISI SE.  http://plasa.com
07.12.2008 13:28:56
Bagaimana dengan gifted disinkronisasi? Yang sering salah diagnosa sebagai Asperger Sindrom? Tapi apapun diagnosanya ketika anak kita terdeteksi memiliki "masalah" jangan menunda waktu, mengharapkan sebuah mujizat dengan mendiamkan/mengabaikan interfensi dininya. Karena usia anak tidak dapat menunggu. Kasihan anak kita. Dan sayangnya anak-anak yang termasuk dalam grey area ini hanya terlihat sebagai anak nakal dan bodoh padahal memiliki kecerdasan dan iq yang tinggi. Sehingga sering menerima penolakan dari sekolah2 ataupun ketika diterima anak2 ini hanya menerima "pembiaran". Termasuk anak saya. Tapi untungnya tepat diusia masuk sekolahnya saya menemukan sekolah dengan kurikulum nasional tapi dengan penanganan yang berbeda, satu-satunya di Jakarta. SD Pantara di jl Senopati 72 Kebayoran Jkt
DEBBIE WURARA  
22.01.2009 00:37:46
Saya mrmpunyai anak laki-laki yng umurnya 3 th 5 bln, bisa melihat makhluk halus, cepat mempelajari/hapal sesuatu, seringkali menasehati orang tuanya dan bnyk lagi (indikasi anak Indigo) tp saya kurang yakin, ada yang bisa bantu gak dimana kiranya saya bisa tau kalau anak saya indigo atau tidak?
YANNIE  
19.02.2009 23:19:29
Yang paling penting menurut saya adalah kepung anak berbakat dengan kasih sayang, limpahi dia, banjiri dia dengan kehangatn, kasih sayang.Bentengi dia dengan rasa percaya diriyang kuat yang kita bangun. Saya yakin anak berbakat itu akan tumbuh dengan baik.
MAMAHAMKA  
15.04.2009 03:09:33
saya punya anak 4 th. tp dari umur 3 th dia sudah mulai bisa membaca khususnya bhs ingris. Biasanya sekali kita bacakan, dia sudah bisa membaca ulang. Skrg dia bisa membaca buku utk anak2 umur 7 thn. Bgm & kemana sy hrs mengembangkan bakat anak saya ini ya?
ERNY  
19.05.2009 19:38:49
saya setuju dengan pendapat anda, tapi menurut saya apabila anak yang berbakat pendidikan dikhususkan, misalnya dalam pendidikan di sekolah nantinya akan membuat siswa yang lain merasa iri dan tidak mau belajar lagi karena merasa bahwa diri mereka tidak diperhatikan oleh guru sebagai pendidik.
RAMAN SAWUA  
06.06.2009 23:24:42
menurut kami anak yg berbakat khusus sebaiknya lebih diperhatikan pendidikan,misal digali bakat yg paling menonjol,sehingga lebih terarah dan anak menyukainya.guru&ortu tinggal mensuport.
WIWID  
26.06.2009 23:05:08
Kadang-kadang sebagai orang tua, kita merasa susah dengan anak-anak yang memiliki perilaku khusus, seperti susah belajar, bicara tidak lancar, ceroboh, kurang konsentrasi, tidak teliti, etc. Karena desakan sekolah formal; membuat kita orang tua kadang kehilangan akal sehat. Kadang saya sangat berharap sekolah formal itu mau mengakomodasi anak-anak seperti itu. Karena mereka juga makluk Tuhan. Mudah-mudahan pemerintah mau menerapkan quota dan ketegasan kurikulum untuk anak-anak bermasaalh seperti ini.GBU
SURYADI  
29.06.2009 11:12:31
hme......luar biasa perlu dibuktikan dalam menangani pendidikan anak berbakat,karena terkadang terori tidak selalu sama dengan fakta''''ya kan????
YANI  
27.07.2009 21:03:27
MOhon Informasi untuk sekkolah / lembaga khusus anak Gifted di Yogyakarta
krn menurut saya di TK Pangudi Luhur Yogyakarta belum ada konseling untuk anak Gifted, yang berkaitan dg prilaku anak sy Tk

AGUSTINUS  
31.07.2009 10:01:23
Salam sejahtera
Putri saya umur 9 tahun sekarang kelas 4 SD. waktu TK pernah dites IQ di salah satu lembaga hasilnya 149. kemampuan bahasa, logika, musik dan matematikanya sgt baik. bagaimana kami dapat membantu membimbing dia? adakah sekolah utk anak atau kursus utk org tua. kami tinggal di jogja. Terima kasih

HENKI  
16.08.2009 01:18:34
Sgt melegakan krn smakin byk artikel yg mmbntu mmbuka mata para ortu bhw dunia kt bth perbaikan, dan jwbnya ada ditangan anak2 kt...@info yg mgkn bs mmbantu: RSGS/ Pro V klinik to dr. TB.Erwin.SpKJ, Psikiater Anak ( khusus penganan Indigo),YPPAI,sekolah khusus anak brbakat klpa gding sport mall JKT,(Akselerasi)LAB school JKT/ actif learning + pembinaan agama di tmpt tinggal masing2..( cause ciri dominan Indigo: spiritualitas sgt tinggi). ..So Indigo2 ??Keep In Contac !
ESY  http://www.facebook.or.id
16.08.2009 01:26:59
Spt fenomena gunung es..anak2 berbakat di indonesia br sdktsekali yg terdata.Alhamdulilah,artikel ini sgt mmbantu mmbuka mata Ortu bhw dunia khususnya negara kt bth perbaikan & jwbnya ada di anak2 kt.@info: RSPAD/ Pro V klinik to Dr.TB.Erwin.SpKJ,Psikiater anak khusus pengembangan Indigo, YPPAI, sekolah khusus anak berbakat sport mall klapa gding jkt,or actif learning+ akselesarsi ( Example lab school JKT),or actif learning+ agama ( cause Indigo are High Spiritualisme )..Smoga brmanfaat.(Indigo2?/keep in contac!)
ESY  http://www.facebook.com
16.08.2009 01:34:21
Spt fenomena gunung es, gbran anak berbakat di Indonesia.Alhamdulilah,artikel ini sgt mmbuka mata ortu bhw dunia bth perbaikan khususnya negara kt & jwbnya ada di anak2 kt.so For Indigo2: keep in contac!..Info:RSPAD/Pro V klinik to Dr.TB.Erwin.SpKJ,Psikiater anak( khusus penanganan indigo),YPPAI, sekolah anak2 berbakat khusus Sport mall klapa gading, Lab School JKT (@ akselerasi of school),Actif learning+ pmbinaan agama di daerah @ (Indigo are high spiritualisme)..Smoga brmanfaat.
ESY  http://www.yahoo.com
08.10.2009 09:53:35
Mungkin perlu juga opini yang lain dengan kajian yang detil untuk ini sbg cth bacalah tulisan2 Ibu Julia Maria Van Tiel mengenai anak berbakat....
DEBBIE WURARA  http://juliavantiel.multiply.com/journal/item/128/Kelas_Akselerasi_di_mata_saya_tidak_tepat
20.10.2009 11:32:06
Saya memiliki anak yang mempunyai kemampuan melebihi teman sebayanya. walau baru usia 6 thn, tapi mempunyai kemampuan seperti anak usia 10 bahkan 12 tahun. selain itu jauga memiliki bakat seni yang luar biasa baik seni musik maupun lukis. saya ingin mengarahkan anak saya dalam Home School, tapi tidak tahu dimana alamatnya. saat ini kami tinggal di jogjakarta. tks
DWIL LOPO SETYONO  
08.11.2009 22:31:23
Baca tulisan ini kayak baca deskripsi anak saya.. Kadang saya bahagia menyadari dia berbakat (tu seni menggambar), tapi kadang saya sedih dan bingung karena tidak bisa menemukan cara untuk mendidiknya.. Ada saran? Karena gurunya di sekolahnya sudah patah arang untuk memahaminya..
SILVY  
03.01.2010 09:58:04
Salam Sejatera,
Saya sangat peduli mengenai anak berbakat karena kurangnya sekolah yang membimbing anak berbakat,sedangkan begitu banyak anak-anak berbakat di sekitar kita yang membutuhkan pendidikan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.Untuk itu saya sangat membutuhkan informasi dalam pendidikan anak-anak berbakat juga bentuk kurikulum yang dapat diberikan, juga informasi mendeteksi dini anak berbakat dari usia dini. trima kasih

NEYNI  
12.02.2010 02:20:15
terlepas dari permasalahan di atas, saya ingin bertanya bagaimana mendidik anak saya yang kurang teliti. sebenarnya dia bisa hanya saja yang dikerjakan tidak berurutan. juga sering kurang huruf dalam penulisan. bagaimana menghadapi. mohon kalau ada yang bisa memberikan pengalaman akan lebih berguna bagi saya. terima kasih berkat Dalem.
MARKUS  
21.02.2010 22:27:12
Berkah Dalem bruder...
saya tertarik sekali membaca artikel bruder ttg anak berbakat,pertanyaan saya apakah anak berbakat dapat dilihat dengan mengikuti test finger print seperti yang sedang dikembangkan oleh psikolog2 anak sekarang?
terimakasih

HENNY  
27.02.2010 18:27:31
saya juga memiliki kawan yg gifted & sudah seharusnya para pendidik lebih memperhatikan dan memberi perlakuan yg sesuai kpd anak2 yg memiliki bakat seperti ini
INA RAKHMAWATI  http://twitter.com/inarakhmawati
27.02.2010 20:27:37
terimakasih atas infornya
BEJO  http://www.bruderfic.or.id/h-63/deteksi-dini-terhadap-anak-anak-berbakat.html#2
30.04.2010 04:04:16
Kami menyadari, sebagai Ortu banyak kekurangannya,
kmana kami lebih banyak bertanya/konsul tentang pendidikan anak yg mempunyai talenta/kelebihan.
kami mmpunyai anak, yg menurut kami mempunyai talenta. mohn konfirmasinya. tks

ALEX MULYANA  
10.06.2010 08:00:16
kami mempunyai anak berusia 2th yang mempunyai ciri2 dari anak berbakat,dan kami sebagai orang tua pingin bertanya dan berkonsultasi masalah ini,kemana dan dimana kami berkonsultasi.thx
MAMATLIA  
14.09.2010 09:15:47
baca juga artikel tt pengertian anak berbakat gifted, talented, genius, dan prodigy di link berikut:

http://forget-hiro.blogspot.com/2010/05/pengertian-istilah-anak-berbakat-gifted.html

CULIK  
22.12.2010 11:33:43
Terima kasih atas artikel yang menarik. Sangat berguna bagi saya selaku orang tua.
INDAH HANDY  
12.10.2011 12:02:15
saya melihat bahwa ciri-ciri yang ada di teks itu merujuk ke ciri-ciri anak indigo, dan anehnya saya memiliki kepribadian yang sama dengan ciri2 di atas, saya tidak tahu kalau saya anak berbakat atau bukan, tapi itu hanya dapat dinilai oleh orang lain.. :-)
BERLIANDA ANANTA   http://forget-hiro.blogspot.com/2010/05/pengertian-istilah-anak-berbakat-gifted.html
30.10.2011 00:30:26
artikel yang sangat memanusiakan manusia dan terimkasih sekali, meskipun baru membacanya..... dan sungguh sangat berharga bagi saya yang saat ini diamanati tuhan anak anak yg istimewa bagi sang pencipta dan saya selaku ortunya. tidak istimewa bagi mereka yg kurang bs mensyukuri kenikmatanNya....
IIN  
10.03.2012 15:45:32
Saya mempunyai anak umur ( thn. IQ dia lebih dari 120, tapi dia punya problem kalau di seklah biasa karena suka mengganggu, anaknya pintar dalam nialai akademik dia selalu bagus. bagaimana saya bisa mendapatkan sekolah yang bisa membimbing dia?mohon informasi sekolah2 yang bisa membimbing dia.
MULIOSISWO T  
20.04.2012 10:23:12
sy sangat memebutuhkn info ttng cara mengembangkan ank berbakat jg sekolah untuk ank berbakat.tolong bantu saya...
ISTIANA  
17.09.2012 09:09:07
ass. anak saya umur 2 tahun dulu sdh bisa membedakan huruf a-z, dan perilakunya saya pikir mirip dengan anak hiperaktif. tapi perkembangannya setelah umur 6 tahun jadi sangat usil dan sering mendapat masalah di sekolah. Apa mungkin anak saya termasuk golongan gifted? klo iya gimana cara mengarahkannya...
DARNIATI  
09.09.2013 19:03:59
Selamat Malam
Saya mempunyai anak umur 6,6 tahun , bulan lalu test IQ nya mendapat nilai 149 .,yang ingin saya tanyakan apakah anak saya berhak untuk loncat kelas dari kelas 1 langsung ke kelas 2.,dan apakah loncat kelas bagus untuk perkembangan anak.Thanks

GOBIE NG  
25.09.2013 18:51:39
Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang Anak (PTTKA) Rumah Sahabat Yogyakarta melayani deteksi dini anak berkebutuhan khusus, terapi terpadu untuk Autism, ADD, ADHD, Down syndrom, Cerebral palsy, terlambat bicara dll dg terapi wicara, sensori integrasi, behavior terapi, Renang& musik untuk anak berkebutuhan khusus, home visit terapi & program pendampingan ke sekolah umum. informasi lebih lanjut hubungi 0274 8267882 atau buka web www.pttkarumahsahabat.com
NIA  
26.02.2014 22:06:38
Untuk sekolah anak berbakat ada di sd adik irma tebet, di sana ada kelas reguler dan kelas anak berbakat, kebetulan anak saya masuk kelas berbakat tersbut karena iq nya lebih dari 130
SANMA  

NAMA
EMAIL
*tidak ditampilkan
HOMEPAGE
KOMENTAR
KODE VERIFIKASI kode
 
BruderFIC.or.id © 2002-2008   
http://bruderfic.or.id/   ^:^ : 12 ms