Provinsialat FIC Jl Sultan Agung 133 Semarang 50234 Indonesia Tlp (024) 8312547 Fax(024)8504130 e-mail:ficindo@indosat.net.id
Senin, 28 Juli 2014  - 2 User Online  




Promosi Panggilan FIC
Majalah Komunikasi FIC
Blog milik Der Wahyu
Blog milik Der Wahyu
YPL Jakarta
Brother FIC
Yayasan Pangudi Luhur Pusat
Bruder Muda FIC


15.04.2007 12:47:16 203154x dibaca
PERAN GURU DALAM MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Oleh M. Sobry Sutikno

Pembelajaran efektif, bukan membuat Anda pusing, akan tetapi bagaimana tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan mudah dan menyenangkan. - M. Sobry Sutikno -


Motivasi berpangkal dari kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada di dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan. Bahkan motif dapat diartikan sebagai suatu kondisi intern (kesiapsiagaan). Adapun menurut Mc. Donald, motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya "feeling" dan di dahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Dari pengertian yang dikemukakan oleh Mc. Donald ini mengandung tiga elemen/ciri pokok dalam motivasi itu, yakni motivasi itu mengawalinya terjadinya perubahan energi, ditandai dengan adanya feeling, dan dirangsang karena adanya tujuan.

Namun pada intinya bahwa motivasi merupakan kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Dalam kegiatan belajar, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai. Dalam kegiatan belajar, motivasi sangat diperlukan, sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar.

Motivasi ada dua, yaitu motivasi Intrinsik dan motivasi ektrinsik.
• Motivasi Intrinsik. Jenis motivasi ini timbul dari dalam diri individu sendiri tanpa ada paksaan dorongan orang lain, tetapi atas dasar kemauan sendiri.
• Motivasi Ekstrinsik. Jenis motivasi ini timbul sebagai akibat pengaruh dari luar individu, apakah karena adanya ajakan, suruhan, atau paksaan dari orang lain sehingga dengan keadaan demikian siswa mau melakukan sesuatu atau belajar.

Bagi siswa yang selalu memperhatikan materi pelajaran yang diberikan, bukanlah masalah bagi guru. Karena di dalam diri siswa tersebut ada motivasi, yaitu motivasi intrinsik. Siswa yang demikian biasanya dengan kesadaran sendiri memperhatikan penjelasan guru. Rasa ingin tahunya lebih banyak terhadap materi pelajaran yang diberikan. Berbagai gangguan yang ada disekitarnya, kurang dapat mempengaruhinya agar memecahkan perhatiannya.

Lain halnya bagi siswa yang tidak ada motivasi di dalam dirinya, maka motivasi ekstrinsik yang merupakan dorongan dari luar dirinya mutlak diperlukan. Di sini tugas guru adalah membangkitkan motivasi peserta didik sehingga ia mau melakukan belajar.
Ada beberapa strategi yang bisa digunakan oleh guru untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa, sebagai berikut:

1. Menjelaskan tujuan belajar ke peserta didik.
Pada permulaan belajar mengajar seharusnya terlebih dahulu seorang guru menjelaskan mengenai Tujuan Instruksional Khusus yang akan dicapainya kepada siwa. Makin jelas tujuan maka makin besar pula motivasi dalam belajar.

2. Hadiah
Berikan hadiah untuk siswa yang berprestasi. Hal ini akan memacu semangat mereka untuk bisa belajar lebih giat lagi. Di samping itu, siswa yang belum berprestasi akan termotivasi untuk bisa mengejar siswa yang berprestasi.

3. Saingan/kompetisi
Guru berusaha mengadakan persaingan di antara siswanya untuk meningkatkan prestasi belajarnya, berusaha memperbaiki hasil prestasi yang telah dicapai sebelumnya.

4. Pujian
Sudah sepantasnya siswa yang berprestasi untuk diberikan penghargaan atau pujian. Tentunya pujian yang bersifat membangun.

5. Hukuman
Hukuman diberikan kepada siswa yang berbuat kesalahan saat proses belajar mengajar. Hukuman ini diberikan dengan harapan agar siswa tersebut mau merubah diri dan berusaha memacu motivasi belajarnya.

6. Membangkitkan dorongan kepada anak didik untuk belajar
Strateginya adalah dengan memberikan perhatian maksimal ke peserta didik.

7. Membentuk kebiasaan belajar yang baik
8. Membantu kesulitan belajar anak didik secara individual maupun kelompok
9. Menggunakan metode yang bervariasi, dan
10. Menggunakan media yang baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran

*Penulis adalah Direktur Eksekutif YNTP for research and Development Kabupaten Sumbawa Barat – NTB (Tode Dasan, Desa Dasan Anyar, Kecamatan Jereweh, KSB)




125 KOMENTAR
16.04.2007 00:31:13
Terima kasih artikel Bapak menambah inspirasi saya untuk memahami bagaimana membangkitkan motivasi siswa. Meskipun demikian, perlu disadari bahwa peran guru yang hanya mampu memotivasi dari luar saja tidak bisa menjamin bahwa siswa juga akan termotivasi dari dalam. Efek dari motivasi luar pun juga sementara saja, alias kurang mendukung "long-term learning"-nya. Inilah yang menjadi pertanyaan saya, bagaimana mendorong dan melatihkan siswa untuk memiliki "long-term learning", selain juga mereka menikmati proses pembelajaran itu sendiri. Pertanyaan ini juga terbuka untuk yang lain.
P. YANU ARMANTO  
18.04.2007 19:50:06
Menurut saya, motivasi dari dalam siswa dapat dibentuk jika seorang guru/pendamping mampu membuat suatu pelajaran tersebut menyenangkan bagi siswa. Caranya bisa melalui permainan, simulasi, menonton film, interaksi langsung dengan alam, penggunaan media-media interaktif dan sebisa mungkin justru menghindari hukuman.

Hukuman tidak efektif untuk membentuk perilaku, jadi sebaiknya justru dihindari, lebih baik menggunakan sistem pujian atau hadiah. Hukuman hanya akan memberikan rasa takut pada siswa, padahal rasa takut adalah penghambat seseorang untuk belajar.

Jika pelajaran adalah menyenangkan bagi siswa tentu dengan sendirinya membentuk \'long term learning\', siswa memiliki motivasi untuk terus mencari tahu, untuk terus belajar. Tentunya kita juga harus memperhatikan bakat kesenangan masing-masing siswa dan tidak bisa menyama-ratakan bahwa semua siswa harus suka dengan pelajaran tersebut karena disitulah justru letak keunikan seseorang (individual difference).

Prinsip belajar yang menyenangkan ini secara psikologi sering diterapkan dalam berbagai metode seperti quantum learning, accelerated learning. Teori Thorndike juga mengatakan bahwa perilaku yang memberi efek menyenangkan akan terus diulang-ulang.

Secara teori begitu der, sayangnya saya sendiri belum pernah ngajar di kelas sebagai guru, hanya pernah ngajarin anak-anak desa waktu kkn sambil menerapkan teori-teori belajar yang pernah saya dapatkan.

Namun setidaknya saya pribadi merasakan hasil dari pembelajaran yang menyenangkan dalam beberapa mata kuliah di kampus dulu. Dosen saya tidak memberi materi berupa ceramah atau catatan melulu, namun kami terkadang diajak bermain, diajak menonton film, diskusi di luar kelas, dan pada akhirnya kami boleh mempresentasikan materi-materi dengan cara kami sendiri. (*Tentunya pada bagian akhir kegiatan, dosen memberikan benang merah materi) Hasilnya beberapa materi masih temangsang di ingatan saya, begitu juga minat terhadap mata kuliah tersebut masih tinggi.

KENZ  http://blog.kenz.or.id
26.05.2007 05:58:44
Sebelumnya saya berterima kasih dengan adanya artikel ini saya mendapatkan gambaran tentang arti pentingnya seorang guru.
ABI ANU FITRI  
10.06.2007 23:10:04
Bagus sekali ide Bapak...bisa minta tolong Pak, materi motivasinya diforward ke e-mail saya Pak...
thank you

WASIS BINARTO  
26.07.2007 07:20:38
maaf pak, saya tertarik sekali dengan artikel bapak. perkenalkan saya efrie leistarie, putri daerah dari Sumbawa barat berdomisili di jakarta..mohon doanya semoga saya bisa menerapkan materi morivasi bapak. karena saat ini saya baru mulai mengenal dunia pendidikan..Trimakasih.
LEISTARIE  
12.08.2007 05:25:11
Terima kasih atas artikelnya. Saya sangat membutuhkan referensi tentang motivasi belajar siswa untuk PTK, khusunya pelajaran IPA. Bisakah kirim ke e-mail saya ?
SLAMET NURKHOLIS  
20.08.2007 00:43:20
terimakasih udah ada layanan seperti ini untuk kemajuan bangsa kita...

nah saya ada masalah gimana cara motivasi orang tua supaya anak itu bisa berprestasi di sekolah....
and minta tolong dikirimi gimana pemecahannya

KETUT SUWEDANA  
07.09.2007 04:57:51
Saya ucapkan teimakasih pada bapak, yang telah menerbitkan artikel ini, saya ingin lebih tahu lebih lanjut mengenai motivasi ini, agar aktivitas anak-anak kami dalam belajar meningkat dan cenderung selalu bersifat positif. terima kasih banyak sebelumnya
PIPIN  
11.09.2007 20:07:12
Terima kasih bapak, artikel bapak sangat membantu saya dalam menambah referensi untuk penulisan skripsi saya..
PETRIA  
16.09.2007 07:32:39
Trimaksih dech...ni artikel bisa buat refensi saya dalam membuat makalah untuk seminar. Thxs ya...yang nulis bruder or bapak????
ENDAH DWI ZAHRANY  
17.09.2007 05:50:10
saya senang dengan informasi yang ada dalam layanan bruder tentang pendidikan,apakah saya bisa meminta petunjuk/artikel tentang pembuatan Renstra dalam pendidikan tingkat menengah?
Trimakasih

SR.AVELINA KSSY  
25.09.2007 21:58:09
Terimakasih atas tulisan bapak,dimana saya bisa mengambil banyak manfaat dari tulisan bapak untuk saya pergunakan dalam penulisan skripsi saya
ARIS  
30.09.2007 20:24:15
sebagai mahasiswa LPTK saya sangat antusias dengan masalah pendidikan. saya tertarik dengan artikel bapak. sayaw mooohon bapak bersedia mengirimkan artikel ini ke email saya. terimakasih
YUNITA NURHIDAYAH  
23.10.2007 23:07:27
Salam. Saya asal Aceh. Pak Sobry Sutikno saya sangat senang dengan artikel bapak. Saya juga sering baca artikel bapak disitus-situs internet yang lain.Terus terang saya bangga dengan bapak. Ternyata ada juga orang timur yang respek dengan pendidikan.Oh ia, ternyata buku-buku bapak sudah banyak juga di pasarin di gramedia.Boleh langsung beli ke bapak? n apa bisa dikasi diskon gede?he he he
ARYA KUMALA  
22.11.2007 23:04:11
SAYA SEORANG GURU D SEBUAH SEKOLAH SASTA DI JOGJA, SAYA MENGALAMI KESULITAN KETIKA MENGHADAPI ANAK-ANAK YANG SUSAH UNTUK BELAJAR, SAYA SELALU MEMIKIRKAN MOTIVASI APA YANG BISA SAYA BERIKAN KEPADA ANAK DIDIK SAYA, KETIKA SAYA BACA ARTIKEL BAPAK, SAYA UCAPKAN TERIMA KSAIH , ARTIKEL BAPAK SUDAH BISA MEMBANTU SAYA WALAUPUN BELUM SEPENUHNYA, KALO BISA SAYA INGIN MEMINTA, BEBERAPA METODE PEMBELAJARAN YANG MENYANGKUT DENGAN PELAJARAN BAHASA, SUPAYA BISA MEMBANGKITKAN MOTIVASI SISWA. TERIMA KASIH PAK.
SUSILAWATI  
13.12.2007 20:21:38
Terima Kasih Bapak, Kalau bisa tolong bapak buat proposal tentang MSDM ditinjau dari PERAN GURU DALAM MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
JONI  
18.12.2007 04:14:27
Artikelnya sangat membantu saya dalam membuat tugas makalah dr dosen sehingga saya ga susah mencari bahan2 yang bagus.mahasiswa FKIP jurusan pendidikan matematika Universitas Pancasakti Tegal
IMAN NUROFIK  
25.12.2007 23:28:50
singkat saja saya bnyak2 berterimakasih.
karena artikelnya sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas makalah mata kuliah PROFESI KEGURUAN....

LIA  
06.01.2008 20:46:11
SEBAGAI GURU YANG PROFESIONAL HARUS MENGETAHUI DAN MAMPU MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA AGAR KUALITAS SDM SEMAKIN BAGUS UNTUK MEMBANGUN NEGARA INDONESIA PADA AKHIRNYA. JADIKAN INI SEBAGAI LANGKAH IBADAH AGAR TIDAK SIA-SIA. OK TEMAN-TEMAN SEPERGURUAN...!!! CALON PENDIDIK
WISDYANA SPWP  
09.01.2008 01:53:39
Kebetulan saya seorang guru di SMA, mohon kiranya dikirimkan kepada saya materi motivasinya diforward ke e-mail saya Pak...
Terima kasih

YOHANNES  
11.01.2008 22:16:02
saya sebagai mahasiswa stkip, mohon dikirmkan materi "peran guru dalam kegiatan pembelajaran" secepatnya.kalau bisa hari ini saya tunggu.
ERY ERIAWAN  
13.01.2008 07:07:38
guru adalah sosok pahlawan yang menerima apadanya dari semua lapisan masyarakat,jadi guru itu harus digugu dan ditiru .
ARY  
17.01.2008 18:57:14
ya guru harus bisa memberi contoh sebelum mengajarkan bahkan bukan sekedar contoh tapi kenytataan
IMAM  http://www.rivcom.wordpress.com
22.01.2008 21:10:04
mohon saya dibantu dalam pembuatan tesis saya, pengaruh pemanfaatan ICT dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Saya berharap bapak bersedia mengirimi saya referensi-referensi yang mendukung. Saya sangat menunggu bantuan bapak. Tq....
PENY  
11.02.2008 20:57:52
saya sebagai mahasiswa FKIP calon seorang guru sangat membutuhkan kiat-kiat agar anak mudah di didik sebab tugas guru adalah mengajar, melatih dan mendidik.Sedangkan mendidik lebih sulit dibandingkan melatih dan mengajar.terima kasih. Saya tunggu jawabannya segera.
BAMBANG SUDEWO  
24.02.2008 03:16:56
sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas makalah, sebagai calon pendidik
ERNA  
25.02.2008 06:10:49
thanx..
artikel bapak menambah literatur saya dalam pengerjaan skripsi ttg motivasi eksternal siswa.

MILA  
11.03.2008 21:48:56
hatur nuhun Pa. sekarang saya mengerti bahwa motivasi betul2 bisa dijadikan sebagai senjata ampuh salah satunya buat anak didik supaya tetap punya real spirit student
AD. ALIRAHMAN  
24.03.2008 20:56:23
Artikel yang bagus tentang motivasi terhadap murid. Mengenai motivasi eksternal siswa tidaklah berdiri sendiri. Ternyata gurupun perlu dimotivasi (eksternal) oleh kepala sekolah. Penelitian kami menemukan bahwa tingkat ketidakhadiran guru saat kepala sekolahnya tidak hadir lebih tinggi daripada saat kepala sekolahnya hadir. Hal ini berpengaruh terhadap proses KBM, kadang murid mengajar murid, atau malah dipulangkan. Untuk memotivasi siswa diperlukan trik-trik yang segar, tidak monoton, dan mungkin diperlukan cerita yang out of topic. Guru tidak saja bisa mengajar, tetapi harus bisa mendidik.
AKHMADI  http://www.smeru.or.id
26.03.2008 01:35:50
"Wah untuk jadi guru profesional gak semudah yang aku bayangkan", selain jadi pemimpin dan fasilitator tetapi juga menjadi motivator"
PARYANTO  
03.04.2008 07:11:22
Bagi TEMAN-TEMAN YANG MEMPUNYAI TEORI TENTANG MOTIVASI BELAJAR tolong dong kririm ke email octa-bangget@yahoo.com
terima kasih

OCTA ADHIANA  
09.04.2008 23:50:03
bagi kawan2 yang mempunyai teori tentang teori belajar matematika tolong dong kirim ke email ku suwandi_mtk06@yahoo.co.id
SUWANDI  
22.04.2008 07:03:43
thanx yah bapak..
artikel bapa menambah pengetahuan ttg motivasi ekstrinsik belajar yang sedang saya teliti untuk skripsi saya skrrg.

smoga dunia pendidikan di Indonesia terus meningkat dan berkembang pesat.

MILA  
15.05.2008 00:19:40
bagi yang membutuhkan beberapa teori tentang Teori Motivasi Belajar, bisa mampir ke blog saya ini:

http://kuliahmaneh.blogspot.com/

tiap kali mengutip teori tertentu untuk karya tulis anda, TOLONG cantumkan asalnya. saya sudah sertakan daftar pustaka-nya sekalian.

maaf, saya tidak melayani request melalui email. semoga bs membantu.

TYKA  http://kuliahmaneh.blogspot.com/2008/05/bab-2-skripsiku-draft.html
18.05.2008 09:59:28
ok, seneng banget ada yang memberikan inspirasi saya dalam merangkai kalimat tulisan motivasi belajar.
Pak salam kenal ya..

KOMARIYAH  http://www.komariah.wordpress.com
03.07.2008 17:27:54
terima kasih atas tulisannya, tulsan ini membantu saya dalam melengkapi bahan teori dari skripsi saya.
kalo ada slide materi motivasi, boleh juga tuh pak... trims..tetap berkarya demi kemajuan bangsa.

AHMAB NAJIB  
07.07.2008 01:43:59
huhiiiiiii bleh jg tu bpk...

kEREN bgt y inspirasinya...

billy jd mudah tuk mengenal dn mmberi motivasi kpda tmen2 BASKET saya d skul saya...hihiiii]
jadinya team QT jdi JUARA...hhhuuuuu alhmdllh bpk...

thanx alloT y...

love Bpk...

muachhhh....

BILLY_TEMPONK  
11.09.2008 02:40:16
salam dari korban sunami aceh :)
AL MUNZIR AS-SALAMY  
17.10.2008 20:46:06
thanks you atas artikelnya karena dapat berguna bagi tugasku

CLARA  
24.10.2008 09:01:05
tx so much, kajian teori ni dpt mbnt sy dlm penerapan pembljrn si skul. di tgu inovasiy
GUZE SEBASTIAN  
25.10.2008 07:05:10
terimakasih atas penjelasan yang diberikan ..
dari semua yang tertulis membuat saya lebih tahu arti seorang guru dan dimana posisi guru yang sebenarnya..

VITRI  
27.10.2008 00:42:45
makasih,tulisan anda membantu saya dlm mnyelesaikn mkalah
LIA  
29.10.2008 21:41:51
Terima kasih,, artikel bapak bisa saya jadikan sebagai referansi dalam skripsi
AGNAFI  
11.11.2008 01:13:34
Terimakasih atas pernyataan bapak.Tapi pak, menurut saya persaingan dalam kelas itu dapat menghambat collaborative learning dan peran persaingan dalamkelas sama sekali tidak ada karena siswa terus berfokus untuk menunjukkan dirinya sendiri, sehingga siswa yang tidak mampu, mentalnya akan tertekan shg daya ingin belajar akan berkurang. tetapi ada baiknya kita menciptakan sifat yang bisa membuat siswa itu dapat bekerja sama untuk belajar. bukan persaingan, karena ini akan memicu keluarnnya sifat dari keegoisan mereka. bagaimana pendapat bapak tentang tanggapan Saya ini pak? trimakasih.
TIAN  
16.11.2008 02:06:15
yaz....

huuman menurut saya jgan diberikan padaany... jikadi hukum nanti bis-bisa murid kan bertambah merosot dn merasa sakit hati dan benci pda plajaran yang menurun itu

AZEM  
24.11.2008 23:14:19
Top banget dech............!!saya jadi semangat untuk menjadi guru yang kompeten dibidangnya...Makacieh atas infonya.
SHINICI  
28.11.2008 21:58:05
top bgt,bgt,bgt!!!!
DEWI  
08.12.2008 07:26:36
kalau boleh ditambahi donk jangan haya itu aza, motivasi itu ada faktor ekstern dan intern
PANDI SINAGA  
08.12.2008 20:52:29
masalah pendidikan di indonesia benar-benar memprihatikan sekali :(
THEODORA  http://www.pupung.com
21.12.2008 08:46:57
hosting murah, hosting termurah, hosting paling murah, hosting terbaik, jasa pembuatan website

di www.hostinghebat.com

HOSTING MURAH, HOSTING TERBAIK  http://www.hostinghebat.om
21.12.2008 19:54:33
sebenarnya apa aja sih yang memempengaruhi motivasi belajar didalam kelas itu....?!?!?

tolong ditulis lebih dari satu jawaban...?!?!

ACHMAD MAULANA YASIN  
08.02.2009 22:32:36
it is nice motivation, esspecially for me as being a teacher
TESI  
05.03.2009 16:50:33
terima kasih, artikel ini sangat bermanfaat buat saya. semoga bapak selalu sehat dan berkarya terus wassalam
NITIT  
07.03.2009 22:52:33
tx yah pak artikelnya sangat membantu sy dlm menyusun makalah
GBU.

ERNI JUANDA  
09.03.2009 05:34:09
saya sepakat apa yang dikatakan oleh penulis namun saya butuh penjelasan yang lebih lengkap lagi dari penulis maupun kawan-kawan yang ingin vberpartisipasai karena saya akan mengahadapi sisiwa sd,dan itu tidak lama lagi

GUSNIDAR  
13.03.2009 22:38:12
saya senang dengan artikel nya namun saya butuh penjelasan lengkap lagi dari penulis tentang motivasi belajar dikelas pada mahasiswa khususnya yang sudah berumur atau 30th keatas bagaimana?

YENNY  
24.03.2009 03:53:35
Terima kasih kepada penulis atas artikelnya...

Karna artikel inilah saya jadi mengerti apa itu motivasi yang terdapat pada siswa,sehingga saya dapat membuat karya tulis yang ditugaskan oleh guru saya...

48 jakarta (Laskar)

CHOIRUL ANAM  http://scamp-pacifire.blogspot.com
05.04.2009 02:48:35
inspirasi yang bagus, tapi saya berfikir kalau motivasi itu banyak caranya tergantung dimana kita berada dan bagaimanakitamengelolAnya serta siapa yangkita kelola. thanks ya pakbisa membantu saya menemukan inpirasi yang baru dan menambah bekal saya untuk menjadi pendidik yang professional
HADI MIRZA  
07.04.2009 06:56:21
wah artikelnya bsa bwt bahan tugas kurikulum niy pa,,,
makasih y,,,,
di tunggu tulisan2 slanjutnya...

LELA  
18.04.2009 08:22:51
wahhh bpk betul2 mebuat saya jadi pede mau jadi guru...kebetulan saya calon guru....asal saya dr manggarai ruteng NTT.pak bisa minta artikelnya.tolong kirim di emeil ku.makasih sebelumnya pak
EGHY  
08.05.2009 07:21:25
Ass.

Trims Ats artikelnya udh bantu aq nyelesain tugas..

Wassalam

YOENI UNIE  
09.05.2009 22:53:03
artikel bapak bagus ya. Saya sangat terbantu denan membaca artikel bapak diatas dalam menulis disertasi. Mohon kiriman artikelnya ya pak?
KHAIRUDDIN  
13.05.2009 11:12:57
terimakasih atas artikel Bapak, bisa mennjadi bahan PTK saya
ABDUL ROHIM  
27.05.2009 05:39:45
Secara spesifik memang tujuan pendidikan apa bapak penulis?

tolong berikan saya penjelasan dalam menghadapi siswa yang sulit u/ di atur!

ALFA  
21.06.2009 06:13:33
Terima Kasih atas masukan ide ini.
Hal ini sangat membantu saya dalam menyusun tugas paper.
Bisa ditambah lagi infonya tentang peran guru dalam dunia pendidikan??

YUNI  http://yuni.patimura@yahoo.com
07.07.2009 23:49:08
Saya salah seorang guru fisika di bekasi, terima kasih banyak atas tulisan bapak di internet ini. tadinya saya juga bingung mau memberikan motivasi apa yang baik buat siswa-siswa saya agar mau belajar, mengingat fisika bagi mereka merupakan pelajaran yang menakutkan, sukar, susah, sulit dsb tapi itu dengan artikel bapak ini mudah-mudahan dapat memacu saya mengajar fisika dengan menyenangkan.
Sekali lagi terima kasih.

RUSDI ALI, S.PD  
05.08.2009 04:35:38
Meskipun sangat sedikit informasi yang ada tapi okelah, thank you.
ABDUL KHALIM  
23.08.2009 10:17:52
sy seorg siswa, trims atas motivasinya, insya allah sy berusaha u/ lbh baik. Tapi yg sy herankan knp masih ada saja guru yg cuma mengajar saja tanpa ada pendekatan kpd murid-muridnya dan tdk ada menggunakan hatinya u/ mengajar yg ada hanya biasa saja yg penting mengajar kpd muridnya, mhn tanggapan anda. Trims
LATIEF RA  
04.09.2009 07:33:24
Terima kasih atas pencerahannya pak, kebetulan saya lagi nyusun tesis tentang motivasi. Ditunggu ide-ide selanjutnya dari bapak. Thx
HANAFI  http://ebelajarbisnis.blogspot.com
06.09.2009 16:04:08
Artikel ini benar-benar berkualitas dan saya sangat senang membacanya. Mudah-mudahan rekan lain pun bisa membuat tulisan sebaik ini. Terima Kasih dan saya mohon izin komentar saya ditampilkan! Go Stop Dreaming Start Action. Jika ada artikel baru kirimkan saja ke asepna@yahoo.com, Trims ya Mas semoga Anda sukses!
STOP DREAMING START ACTION  http://snmptn.or.id/go-stop-dreaming-start-action/
10.09.2009 10:59:05
Saya baca di situs www.sobrycenter.com, penulis artikel motivasi ini (Dr. M. Sobry Sutikno) ternyata sangat hobi juga dengan dunia sulap/magic. Wah muantap juga, bisa menghindari rasa jenuh di dalam kelas. Wah kita boleh belajar ama pak Sobry. Saya salut juga tuh, seorang doktor punya multi talenta.
YOGA  
24.09.2009 07:55:10
Aku sekarang sedang mendalami ilmu kependidikan karena bertugas di bidang kependidikan. Makanya artikel ini sangat membantu bagiku. Trims.Saya adalah lulusan SMP Pangudi luhur Domenico Savio tahun 1984 dan tinggal di Medan. Ke mana aku bisa mencari tempat kontak dengan para alumni SMP yang sama meski tahun berbeda. Kalau ada yang tahu dan mau bisa saja kirim berita ke alamat emailku Rusharyonoluwi@yahoo.com
H RUSHARYONO L  
06.10.2009 21:11:00
thank you very much for your valuable writing wahich give me spirit to teach well.
TAMARY  
08.10.2009 21:35:05
artikel ini tidak hanya bersifat nrmatif akan tetapi juga melihat aspek tehnis, thanks
WENI YULASTRI  
12.10.2009 12:32:20
Thx buat artikelny mga brmanfa\'at bagi guru,cl0n guru maupn yg lnny...
HEIJIE  
14.10.2009 23:35:49
ada yang lebih luas lagi ngga pak pembahasannya?????
DHYAN  
23.10.2009 21:53:18
thks artikelnya membantu saya dalam menulis skripsi
YUNI  
29.10.2009 02:18:26
terima kasih atas artikelnya dengan adanya artikel ini dapat membantu saya dalam melaksanakan tugas mengajar terutama tentang motivasi belajar siswa.oh iya saya perna tugas di Lotim NTB satu propinsi dengan anda selama 10 tahun
CAHYO HANDOKO, S.PD.SD.  
23.11.2009 19:34:29
Sedikit tapi patri,
Namun yang menjadi ganjalan adalah tidak semua orang tua dapat mengapresiasikan motivasi yang berkesuaian dengan kebutuhan . Contoh seorang ibu menyertakan anaknya yang kedua usia prasekolah dengan kakaknya kelas 3 SD. Ibu tersebut memaksakan anaknya belajar berhitung cepat selama 3 tahun ,alhasil kedua anaknya berhasil menyelesaikan ke jenjang yang tinggi saat itu,namun waktu berjalan terus si anak kedua pada saat kelas 5 , dan 6 SD sama sekali tidak mau belajar matematika (Bosan , jenuh , dan ngeri katanya ).
Pada saat yang bersamaan siaank harus menyelesaikan tugasnya sebagai siswa SD namun kenyataan berkata lain yaitu si anak mengalihkan perhatianya ke Musik , begitu pak
bagaimana komentar bapak terima kasih

EDDY G.O  
05.12.2009 22:36:57
saya salut dengan ide pikiran Anda...
Salam kenal

SYAHIRUL ALIM  
24.01.2010 11:52:30
terima kasih bruder atas artikelnya. perkenalkan nama sy Lany.

saat ini sy sdg menyusun laporan tentang kurangnya motivasi belajar siswa karena pengaruh guru. apakah bisa sy bs dikirimkan ke email saya teori beserta daftar pustakanya tentang motivasi belajar anak yang kurang karena guru yg berbuat tidak adil di kelas (seperti misalkan pilih kasih & memberikan jwbn ulangan pd murid tertentu)padahal sebenarnya anak tersebut pintar? selain itu sang guru juga sering melabel murid (seperti bodoh,jelek).

terima kasih, GBU

LANY  
29.01.2010 07:37:08
saya mau nya pencarian proposal saya diutmakan bukan berbelit2 !
ERIKARIASTA  
20.02.2010 20:43:06
tp bagaimana jika motivasi belajar itu juga tidak kunjung datang pada si murid terlebih jika guru sudah berusaha semaksimal mungkin

MUHAMMAD SALIM  
24.02.2010 20:28:34
tolong dong muat skripsi tentang motivasi belajar siswa tentang geografitris tas kesedian
ANWAR SADAK  
06.03.2010 09:56:12
bagus artikelnya ya....bisa dikirimin bentuk lengkapnya?????ke e mail saya mf_lok@yahoo.com
terima kasih sebelumnya

GUSTIFAFAUZAN  
17.03.2010 13:39:27
Mksh yUupzz Pak Tuk inFormasi na,,,,,,
Ella jdi da Tmbhan tuk Buat sKripna,,,,,
Cayo Pak....

ELLA AMAI  
20.03.2010 04:01:20
saya sdg nyusun tesis ttg motivasi belajar siswa. bisakah artikel ini bpk kirim ke email saya? trims
NURUL_SAILA  
22.03.2010 10:06:26
bagaimana cara pengelolaan
kelas yang baik

NIZMAWATI  
01.04.2010 01:21:09
thanks a lot y pak..cz ini begitu membantu karya tulis saya sebagai bahan referensi..
LAILA AZIZAHI  
12.04.2010 23:41:45
terimakasih ya pak, artikel bapak membantu saya dalam penulisan tesis.. :)
RIA  
14.04.2010 07:53:26
sgt bgs sekali utk guru2 muda yg br mjd seorang guru
JI  
18.05.2010 04:13:22
terimakasih bapak.
ELLA  
05.07.2010 01:43:42
bagaimana cara mengatasi,jika siswa saya kurang teliti mengerjakan soal-soal matematika.
RATNA DEWI  
09.07.2010 02:33:21
lebih mengacu motivasi itu adalah Bagaimana membuat anak bangsa ini ber KARAKTER. mengedepankan Kebenaran, Kasih Sayang, Kedamaian, Kebajikan dan Tanpa Kekerasan.(skill knowledge attitude = SKA)
ZUL AKMALL  
11.07.2010 10:02:31
bagaimana cara kita selaku orang tua dan guru untuk dapat mengetahui bakat anak?
DWI  
18.07.2010 19:00:40
Guru sangat berperan dalam keberhasilan belajar peserta didik.Oleh karena itu guru harus mendapat perhatian dari pemerintah terutama terhadap tunjangan profesinya apalagi guru honorer
ANAY  http://www.twegty.com/
21.09.2010 01:29:17
artikel ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan skripsi dan tugas saya untuk membuat proposal PTK...semoga semakin membuat anak didik lebih bersemangat dalam proses KBM selanjutnya...
FENTY   
01.10.2010 21:11:43
thanx pak artikelnya nambah insiprasi dalam dalam membuat laporan akhir PPL
VIE  http://unie.panyawalian.com
12.10.2010 03:04:35
syukron yaa Akhi, jazaakumullah al-khairat...
MUHAMMAD MULYANA  
27.01.2011 09:32:56
thanks pak atas sarannya...mga bermanfaat
AHMAD FM  
27.01.2011 09:35:25
bagaiman cara agar siswa tidak ngantuk di kelas
AHMAD FM  
30.01.2011 14:09:15
Maaf pak tanpa mengurangi rasa hormat saya, penjelasan dalam artikel bapak masih terlalu teoritik. dalam prakteknya Penjelasan, Hadiah, Persaingan, Pujian dan Hukuman tidak akan berpengaruh banyak dalam pembentukan Motivasi belajar siswa. Saya setuju dengan pendapat saudara Kenz dan Tian. Saya rasa metode sehebat apapun tidak ada yang dapat mengalahkan Metode "Ketulusan Hati Guru" dan itu adalah metode yang sangat murah tapi juga sangat sulit. Demikian, terima kasih, semoga dapat diterima
YU2N  http://yu2nask.wordpress.com
09.02.2011 19:58:10
artikel yang dimuat sangat membantu wawasan seorang guru/pelatih untuk membimbing anak didiknya dalam menerima ilmu sehingga betul2 tujuan mencari ilmu tercapai. sukses utk smuanya. tks
BAMBANG KUSBIYANTORO,SE  
31.03.2011 19:13:32
artikel yang di buat bapak dapat menambah kajian penulisan skripsi saya
DENI TERIUS  
12.04.2011 11:52:33
thank banget pak artikel bpak sngat membangun
CHICO  
10.05.2011 20:59:05
trimakasih pak, artikel bapak bisa membantu saya dalam menyelesaikan tugas prkembngan pserta ddik :)
TRI WULANSARI  
06.07.2011 11:24:03
para pendidik juga dapat mengenalkan metode belajar yang lebih menarik kepada pelajar agar mereka dapat lebih mudah memahami materi sehingga tidak cepat bosan. cobalah metode pembelajaran online http://www.indi-smart.com yang dilengkapi animasi edukasi untuk pelajar SD, SMP, dan SMA. semoga bermanfaat :)
SHINDY  http://www.indi-smart.com
09.07.2011 15:14:26
terima kasih atas artikelnya...
motivasi adalah hal yang sangat perlu buat peserta didik...
untuk sahabat yang lainnya
disarankan baca bukunya Leo Anne Johnson

ANCHOE  
31.07.2011 08:41:10
terima kasih infonya, memamg sebaiknya hukuman diubah menjadi yang positif agar siswa merasa senang dalam belajar
SUKO YUSANTO  
18.10.2011 22:28:13
bagai mana aplikasi dalam pembelajaran kepada peserta didik agar prestasi meningkat..?
ANDI  
22.10.2011 22:53:40
bagaimana iia cra nya supya peserta didik dapat lebih menghargai seorang guru.........

DEF  http://yahoo.com
15.11.2011 01:24:28
menarik buanget artikelnya..
LESPRIVAT-GP  http://lesbimbel-gemaprestasi.blogspot.com
22.02.2012 09:54:16
Sangat membantu artikelnya. kebetulan saya juga sedang memotivasi siswa di les privat nec bandung.

http://lesprivat-nec-bandung.blogspot.com/

ARNOL AWAL  http://lesprivat-nec-bandung.blogspot.com/
14.04.2012 19:42:41
semoga ini bisa menjadi titik acuan dan motivasi secara pribadi.. mksh share\'a, ini amat sangat membantu..
ADE ASNA WATI  http://www.facebook.com
24.04.2012 15:09:30
ok
SHOVIE  
28.04.2012 01:06:25
Sepertinya bapak salah deh dengan etimologi kata \"motivasi\". Bapak coba ngecek lagi istilah motivasi itu dan membandingkannya dengan lain yang hampir serupa yang bapak pakai sebagai akar kata dari motivasi, yaitu kata \"motif\".Setahu saya (maafkan kalau saya salah) akar kata dari istilah \"motivasi\" itu adalah \"motiv\" (pake huruf \"v\", bukan \"motif\" (pake huruf \"f\", yang artinya \"pola\", \"corak\". Misalnya, \"motif\" kain Sumba berbeda dengan motif kain Timor. Motif lagu Jawa berbeda dengan motif lagu NTT. Terima kasih
MALI BENYAMIN MCHAELI  
14.05.2012 16:39:01
saya menyukai artikel bapak hanya sahja perlu penyempurnaan dalam penggunaan kata terutama yang berbau pendidikan. bravo alawys
WINARDI   
17.05.2012 10:25:16
makasih atas artikel, mudah2an bisa menambah wawasan saya selaku guru
SUGIYADI  
28.09.2012 23:32:27
untuk anak selalu mengingat pa yang selalu kita ajarkan
SUROTO  
02.12.2012 22:50:50
Trima kasih atas artikelnya...
SYARIFUDIBN  
21.12.2012 11:16:27
siip dehc
SERA  http://www.globaltexcellent.com
04.01.2013 02:21:34
terimakasih atas artikelnya..
KIKI AMELIA  
03.02.2013 13:58:31
trim`s artikel nya
ILMI  
11.06.2013 23:47:15
ulasan yang sangat bagus pak dan sangat menolong buat bahan skripsi saya yg mengangkat motivasi siswa dalam belajar..
MASYHUDI.M  

NAMA
EMAIL
*tidak ditampilkan
HOMEPAGE
KOMENTAR
KODE VERIFIKASI kode
 
BruderFIC.or.id © 2002-2008   
http://bruderfic.or.id/   ^:^ : 7 ms